Panduan Sirkumsisi Tanpa Nyeri pada Anak Edisi 2

Dr. Theddeus OH Prasetyono, SpBP-RE(K)

Harga:Rp 69.300 ,-
Rp 99.000 ,-   Hemat 30%
Stock : 10

Sirkumsisi (khitan atau sunat) merupakan prosedur bedah minor yang sudah dikerjakan sejak berabad-abad lalu. Di Indonesia, sirkumsisi dilakukan oleh sebagian besar penduduk untuk tujuan keagamaan.

Secara medis, sirkumsisi adalah suatu tindakan pembedahan membuang prepusium penis. Dalam pelaksanaannya sampai saat ini, sirkumsisi selain dilakukan oleh dokter dan tenaga kesehatan lainnya, juga dilakukan oleh tenaga awam terampil. Namun, buku initidak ditujukan untuk tenaga awam terampil.

Sirkumsisi pada anak merupakan tindakan yang membutuhkan pendekatan berbeda dengan menempatkan anak sebagai subjek “unik” yang juga harus diberi pemenuhan hak menjalani prosedur medis tanpa nyeri. Praktik sunat pada anak yang dianggap lazim sepert ipada kegiatan khitanan massal, seringkali berlawanan dengan pemenuhan hak pasien anak untuk mendapatkan prosedur yang bebas nyeri. Dapat dibayangkan bagaimana seorang anak kecil harus dihadapkan dengan “beberapa orang dewasa” yang menahannya dari sikap berontak karena rasa takut dannyeri.

Buku ini memiliki bahasan unggul terkait kepentingan prosedur pembedahan tanpa nyeri pada anak. Pembahasan di dalamnya meliputi informasi tentang paradigma baru untuk melakukan prosedur sirkumsisi pada anak tanpa nyeri dari segi teknik bedah dan anestesi, serta aspek lainnya seperti biopsikososial anak.

Teknik-teknik sirkumsisi dibahas secara lengkap dan menyeluruh, disertai dengan ilustrasi yang mudah dipahami agar pembaca dapat mengikuti prinsip dasar operasi sirkumsisi tanpa nyeri pada anak. Diharapkan buku ini dapat menjadi panduan pelaksanaan sirkumsisi pada anak dengan mengedepankan hak anak untuk mendapatkan prosedur bedah yang bebas nyeri atau mengalami nyeri seminimal mungkin.

    Daftar Isi

    1. Pendahuluan
    2. Bio-Psikososial Anak
    3. Anatomi
    4. Pemeriksaan Prasirkumsisi
    5. Fasilitas dan Peralatan
    6. Persiapan Pasien
    7. Prosedur Anestesia
    8. Prosedur Pembedahan
    9. Tata Laksana Pascaoperasi

    Berat 0,3 Kg
    Ukuran Buku 15,5 x 24,0 Cm
    ISBN 979-044-556-7
    Tahun Terbit April 2015
    Jumlah Halaman x + 88 hlm (±1,0 Cm)
    Silahkan login dahulu untuk bisa mengulas buku ini. Klik di sini untuk login.

    Rekomendasi