Prof. Udo Schumacher


Ayah dari dua orang putra ini baru saja menghadiri Acara Pertemuan Ilmiah Nasional Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PIN PAAI) pada tanggal 30 Juli lalu, diikuti serangkaian Seminar "Belajar Mudah Anatomi" di tiga Universitas Negeri di Indonesia, yaitu Universitas Hasanuddin Makassar, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Indonesia dan satu universitas swasta, yaitu Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Acara yang terselenggara berdasarkan kerja sama antara Penerbit EGC dan Departemen Anatomi pada keempat kampus penyelenggara ini disambut sangat antusias baik oleh kalangan mahasiswa maupun kalangan akademisi pada masing-masing kota penyelenggara.

               Pria kelahiran 19 Oktober 1959 ini masih menjabat sebagai Direktur Departemen Anatomi dan Morfologi Universitas Hamburg Jerman. Dulunya, beliau merupakan salah satu penerima  "Studienstiftung des deutschen Volkes", yaitu beasiswa khusus yang hanya diberikan pada 1% siswa Jerman. Prof Udo (demikian panggilan akrabnya) mulai menempuh pendidikan dokter di tingkat Universitas pada tahun 1975 sampai dengan tahun 1983 di Universitas Kiel. Dilanjutkan dengan pendidikan tingkat doktoral dan lulus dengan predikat "Summa Cum Laude". Pada tahun 1991, ia pun melanjutkan jenjang pendidikan Habilitasi di bidang anatomi. Habilitasi merupakan program pendidikan pasca-doktoral yang lulusannya akan mendapatkan lisensi dan pengakuan untuk mengajar dan melakukan penelitian dengan kualifikasi tertentu.

Prof Udo terdaftar sebagai anggota kehormatan di sejumlah organisasi ilmiah, antara lain: International Lectin Society sebagai Founding Member,  Anggota  Commission of International Relations, Anatomical Society of Great Britain and Ireland (Wakil Presiden pada tahun 1994), British Association of Clinical Anatomists, Histochemische Gesellschaft, dan European Association of Clinical Anatomists (Anggota Komite Penasehat Ilmiah ).

Pada saat masih menempuh pendidikan dokternya, beliau juga pernah menjadi anggota Kehormatan di Wistar Institute of Anatomy and Biology di Laboratorium pemenang Nobel Peter C. Doherty. Beberapa jabatan yang pernah didudukinya antara lain Project Leader in a BMFT sponsored AIDS programme di University of Munich,  pimpinan proyek pada penelitian terhadap kematian anjing laut yang disponsori BM, Kepala Departemen Morfologi Manusia Universitas Southampton, dan Dosen Anatomi Berlisensi Universitas Hamburg. Ia kemudian diangkat menjadi kepala Departemen Anatomi, Universitas  Hamburg, dan saat ini masih menjabat sebagai direktur Departemen Anatomi dan Fisiologi. Selain aktif mengajar dan menulis buku, beliau juga banyak terlibat dalam penelitian terutama di bidang kanker.


[Nurhajati Husen & Barrarah Bariid]