BERTEMU PAKAR & PENULIS DI KOTA VENESIA DARI TIMUR

Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya masih menggunakan bahan alam sebagai sumber utama kehidupan. Tidak mengherankan jika masih terdapat keberagaman dalam mengonsumsi jenis makanan. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya di bidang ilmu Gizi, semakin mendorong munculnya inovasi dalam pengolahan bahan makanan. Hal ini yang menjadi latar belakang diadakannya kegiatan keilmuan berupa Kuliah Pakar dan Bedah buku yang digagas dan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Palembang pada tanggal 14 Oktober 2017 di Aula RS Gigi & Mulut Provinsi Sumatera Selatan.

Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Rindit Pambayun, MP. yang merupakan Ketua Umum Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia dan juga merupakan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya. Beliau membawakan materi dengan tema "Pengembangan dan Pemanfaatan Pangan Fungsional sebagai Penunjang Status Gizi". Beliau menyampaikan potensi Indonesia yang memiliki banyak sumber daya alam lokal yang berkapasitas sebagai pangan fungsional dan komponen gizi seimbang yang sangat diperlukan bagi bangsa Indonesia.

Selain Prof. Rindit, EGC berkesempatan untuk menghadirkan Mochamad Rachmat, B.Sc., M.Kes. yang tidak lain adalah penulis buku "Metodologi Penelitian Gizi & Kesehatan" di tengah-tengah peserta untuk mengupas seluk-beluk penelitian di bidang gizi dan kesehatan. Pada kesempatan kali ini, penulis yang juga merupakan Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta II menyampaikan pentingnya pengembangan penelitian di masing-masing bidang kajian Ilmu Gizi. Beliau menyampaikan bahwa buku yang ditulisnya merupakan buku metodologi penelitian terlengkap karena tidak hanya membahas berbagai macam metode penelitian, tetapi juga membahas bagaimana cara menginterpretasikan hasil analisis data berbentuk tabel. Gaya penyampaian materi yang santai dan menarik membuat semangat peserta kembali lagi hingga di akhir acara. Antusiasme peserta semakin meningkat ketika M. Rachmat mempersilakan peserta seminar untuk mendapatkan tanda tangannya secara langsung pada buku "Metode Penelitian Gizi & Kesehatan" yang diperoleh dari seminar ini. Di akhir seminar, beliau menyampaikan terima kasih kepada Penerbit EGC dan HMJ Gizi Poltekkes Palembang yang telah mengadakan acara Kuliah Pakar dan Bedah Buku yang sangat bermanfaat ini. (Vianny Refania & Barrarah Bariid).