Kabar dari GIMSCO 5 UGM Jogja 27-30 Okt 2016


Sejak tahun 2012 lalu, Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada mengadakan sebuah acara olimpiade yang diikuti oleh berbagai Fakultas Kedokteran yang tersebar di seluruh Indonesia. Olimpiade bertajuk Gadjah Mada Indonesian Medical Science Olympiad (GIMSCO) ini merupakan satu-satunya olimpiade anatomi untuk mahasiswa kedokteran di Indonesia yang dibuat dengan pertimbangan bahwa anatomi merupakan cabang ilmu kedokteran yang sangat penting peranannya dalam dunia kedokteran.

Tahun ini, GIMSCO memasuki tahun kelimanya dan mengusung tema "Sparkling Jogja". Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, angka keterlibatan baik universitas maupun peserta meningkat secara signifikan. Jika tahun sebelumnya hanya diikuti oleh 37 Universitas, tahun ini meningkat hingga 72 universitas. Total pesertanya juga meningkat lebih dari dua kali lipat, yaitu hingga 200 peserta. Sebagaimana tahun sebelumnya, EGC turut serta terlibat pada GIMSCO ke-5 ini sebagai sponsor.

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 27 hingga 30 Oktober 2016. Hari pertama merupakan pembukaan acara yang diisi dengan sambutan-sambutan, suguhan tari-tarian serta Technical Meeting. Hari kedua (28 Oktober) kegiatan memasuki babak penyisihan 1 dan 2, sedangkan Fase semifinal dan final dilangsungkan pada tanggal 29 Oktober 2016 dan ditutup pada tanggal 30 Oktober 2016.

Tahun ini bisa disebut sebagai tahunnya Universitas Negeri Lampung. Tiga perwakilan kampus dari Sumatera ini berhasil menyabet gelar juara 2, 3, dan harapan 1. Pemenang pertama adalah peserta dari Universitas Diponegoro sedangkan juara harapan 2 disabet oleh peserta dari Universitas Airlangga Surabaya. EGC menyumbangkan hadiah berupa satu paket Buku Atlas Anatomi Manusia Prometheus (3 volume) untuk Juara 1-3, dan Atlas Anatomi Manusia Prometheus Organ Dalam untuk juara harapan 1 dan 2. [Kontributor: Debit BP & Nurhajati Husen, Editor: Barrarah Bariid]