Cerita dari Seminar "Belajar Mudah Anatomi"!

Dear sobat EGC! Ada yang ikut acara Seminar "Belajar Mudah Anatomi" pada 2-6 Agustus kemarin? EGC mau mengucapkan terima kasih banyak buat kalian semua yang sudah hadir pada seminar perdana yang diselenggarakan EGC kerja sama dengan beberapa kampus ini. Buat kamu yang belum sempat hadir, ini dia rangkuman acaranya!

Seminar "Belajar Mudah Anatomi" ini merupakan rangkaian acara lanjutan dari acara Pekan Ilmiah Nasional Persatuan Ahli Anatomi Indonesia (PIN PAAI) yang diselenggarakan pada tanggal 30 Juli lalu di mana EGC berkesempatan menjadi sponsor utama acara tersebut. Profesor Udo Schumacher menjadi pembicara puncak pada acara yang dihadiri oleh para ahli Anatomi dari berbagai Universitas di seluruh Indonesia itu. Setelah acara PIN PAAI rampung, giliran mahasiswa yang disambangi Prof. Udo pada kunjungannya ke Indonesia kali ini. Dan yang mendapatkan kesempatan pertama adalah sobat EGC di wilayah Makassar dan sekitarnya. Acara seminar "Belajar Mudah Anatomi" pertama diselenggarakan di Universitas Hasanuddin Makassar, bertempat di Gedung Auditorium Prof. Dr. A. Amiruddin pada tanggal 1 Agustus lalu.

Pada seminar pertama ini, dihadirkan 3 pembicara yaitu Zaifullah, Dr. Azis Beru Gani dan terakhir Prof Udo Schumacher. Pembicara pertama yaitu Zaifullah merupakan mahasiswa Unhas yang pada kesempatan ini membagi pengalaman tentang suka duka dalam belajar Anatomi.  Dokter Aziz Beru Gani menyoroti tentang penguasaan anatomi untuk permasalahan klinis, sedangkan dr. Saharudin menyoroti tentang Pembelajaran dan pengajaran Gross anatomi.

Kota berikutnya adalah Yogyakarta yang kali ini EGC bekerja sama dengan Departemen Anatomi Universitas Gajah Mada. Di kota pelajar ini jumlah pemateri tidak sebanyak di Makassar tetapi peserta sangat antusias. Dokter Nur Arfian sebagai moderator berhasil membuat seminar pembelajaran yang diadakan pada tanggal 2 Agustus lalu ini meriah tanpa kehilangan esensinya. Selain Prof Udo, Ketua Departemen Anatomi FK UGM Prof. Dr. Dr Dwi Cahyani Ratna Sari yang pada kesempatan kali ini membagi tips belajar anatomi kepada para peserta yang hadir. 


Lokasi berikut yang disambangi adalah Jabodetabek yang kali ini Universitas Indonesia menjadi tuan rumah pertama. Ada 4 pembicara untuk seminar di UI ini, yaitu dr. Isabella Kurnia Liem, M.Biomed, PhD, PA,  dr. Aldo Ferly, M.Res, Muhammad Iskandarsyah Agung Ramadhan dan tentu saja Prof. Udo Schumacher. Kunjungan terakhir adalah di Universitas Katolik Indonesia Atmajaya berupa kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa internal. Prof Udo Schumacher di semua lokasi memaparkan materi tentang bagaimana kesulitan belajar anatomi dan bagaimana Prometheus Atlas Anatomi Manusia memfasilitasi agar belajar Anatomi menjadi lebih mudah.

Seusai rangkaian acara terlaksana, Prof. Udo melanjutkan perjalanan untuk menikmati keindahan Bali yang tersohor sebelum kembali ke aktivitasnya di Universitas Hamburg. Selamat menikmati keindahan negeri kami dan juga ragam masakannya ya Prof. Oh ya, menurut prof Udo, Kremesnya Ayam goreng Indonesia adalah makanan paling enak yang pernah dicobanya. Agak berbeda dari kebanyakan orang asing ya sobat! (Barrarah Bariid & Nurhajati)