Mengetahui Orientasi Seksual dari Mata !

 

Mata bisa menunjukkan orietasi seksual seseorang? Yups! Begitulah yang dikonfirmasikan sebuah penelitian. Mata adalah jendela hati yang dibuktikan ilmu pengetahuan. Dilatasi mata rupanya merupakan indikator yang akurat untuk mengetahui orientasi seksual seseorang. Ketika seseorang melihat gambar erotik dan mengalami rangsang seksual, maka pupil akan memberikan respons tidak sadar, yaitu dengan  berdilatasi (melebar). Jika seorang pria bergairah pada wanita, maka pupil matanya berdilatasi pada saat melihat wanita, dan jika ia seorang gay, makapupilnya akan berdilatasi saat melihat pria. Penelitian ini dilakukan oleh Ritch Savin-Williams, seorang psikologis perkembangan dari Cornell University.

Hubungan antara ukuran pupil dan gairah seksual ini bukanlah hal baru. Pada abad ke-16,  wanita Italia dengan sengaja menggunakan tetes mata dari herba Belladona agar pupil mata mereka tetap berdilatasi, untuk menimbulkan kesan menggoda. Dilatasi merupakan penanda aktivitas sistem saraf  otonom yang berperan dalam mengontrol aksi involunter, seperti denyut jantung dan napas.  

Pada wanita, respons ini lebih kompleks. Wanita lesbian mengalami dilatasi terhadap gambar wanita sebagaimana pada pria normal. Akan tetapi, pada wanita normal, dilatasi yang diinduksi gambar erotis terjadi baik saat melihat wanita maupun pria. Meskipun begitu, tidak berarti bahwa wanita tersebut biseksual. Wanita normal memiliki gairah subjektif yang tidak sama dengan gairah fisik mereka.  Hasil penelitian ini dipublikasikan di Jurnal PloS ONE. [Nurhajati Husen & Barrarah Bariid]

 

Sumber:

http://www.livescience.com/22120-eyes-reveal-sexual-orientation.html